Latar Belakang

Telah hampir 70 tahun Indonesia Merdeka, namun tidak bisa dipungkiri bahwa di banyak tempat kita masih banyak ditemui kebodohan, keterbelakangan, kemiskinan, keterisolasian, dan diskriminasi yang terjadi dibanyak tempat di pelosok Nusantara. Dengan kata lain bahwa situasi dan keberadaan bangsa ini masih dalam keadaan yang memprihatinkan. Namun demikian, dengan menggunakan istilah “dari pada kita mengutuki kegelapan lebih baik kita menyalahkan lilin, maka marilah kita melakukan sesuatu karya bersama menuju Indonesia yang lebih baik, karena selalu masih ada harapan.

Dan salah satu pintu masuk untuk terjadinya Transformasi dalam bangsa ini, yaitu melalui pendidikan yang berkeadilan kepada semua orang.

Untuk itulah, maka Pergerakan INDONESIA CERDAS boleh hadir dan bekerjasama dengan beberapa Universitas, Perguruan Tinggi, Gereja, Pemerintah dan Elemen-elemen Masyarakat, yang peduli dengan bertujuan untuk membangun masyarakat dan bangsa Indonesia yang cerdas, menikmati kemakmuran bangsa secara adil & merata, sebagai mana diamanatkan dalam Pasal 31 ayat 1, UUD 1945, tentang kewajiban Negara dalam membangun Sumber Daya Manusia ; UU No 20 tahun 2003, tentang Sistem  Pendididkan Nasional, sehingga Pergerakan INDONESIA CERDAS, selain bersifat sosial kemasyarakatan namun dalam gerak dan perkembangan senantiasa disesuaikan dengan perkembangan disiplin pengetahuan dan kebutuhan masyarakat, (SK Dikti.no 38/DIKTI/Kep/2002) tentang Pelaksanaan Kurikulum  berbasis Kompetensi.

 

JoomShaper